Buku “Penting & Gratis” Manual Pelatih dari FIBA

Sambil menyeleseaikan lanjutan tulisan terdahulu mengenai Life Skill Bagian 1, berikut ini akan saya bagikan 4 buah buku penting dan gratis yang penting untuk menjadi referensi rekan-rekan pelatih. Buku ini bisa diunduh siapa saja di situs resmi milik FIBA, khususnya asosiasi pelatih basket sedunia, WABC. Dalam hal ini saya hanya mengajak kita mengenali dan mengupas sedikit tentang ke 4 buku berharga ini.

Pada bagian akhir tulisan, rekan-rekan pelatih bisa mengunduh buku ini dengan satu kali klik. Akan lebih menyenangkan jika kita semua bisa berbagi pengalaman. Sekiranya rekan pelatih sudah mempelajari dan menerapkan pelatihan sesuai referensi buku ini, lebih baik jika bisa berbagi pengalaman tentang penyesuaian-penyesuaian, hambatan-hambatan serta bagaimana pemacahan masalahnya. Jika rekan-rekan pelatih bersedia menuliskannya, nantinya bisa kita sebarkan pengalaman berharga itu lewat blog ini.

Nilai plus dari buku manual pelatihan ini ada pada materinya yang tersusun secara sistematis berjenjang, terstruktur dengan susunan bangunan dari fundamental hingga advanced, dan terukur. Asupannya disesuaikan dengan kapasitas dan tingkat perkembangan anak-anak sejak dini hingga tumbuh lebih dewasa. Istimewa pula karena para penggunanya dipermudah oleh ratusan video tutorial pelengkapnya sehingga proses latihan sangat terbantu. Kita bahkan bisa memberikan lantihan mental imagery dulu dengan memberikan contoh video latihan sebelum latihan dimulai.

Video-video pelengkap ini jumlahnya ratusan, tersedia di channel youtube saya, di link ini COACH MOSES. Silakan klik link untuk membukanya. Pada channel tersebut bisa dipilih level yang sesuai dengan buku-buku manual ini.

Buku pertama yaitu tentang pelatihan Minibasket. Penekanan kata yang berulang-ulang akan kita baca adalah “FUN”, konsep rekreatif dari pengenalan olah raga untuk anak-anak usia dini sampai 12 tahun.

 

Ciri khas Buku Manual Pelatih Minibasket ini adalah dominasi warna kuning pada layout buku. Silakan klik gambar di atas untuk memperbesar tampilannya. Kita akan melihat beberapa bagian daftar isi yang menganjurkan para pelatih untuk menerapkan latihan yang game based namun tetap harus menyenangkan dan menarik untuk anak-anak kita.

Sejak awal, salah satu penekanan penting dalam pelatihan adalah pengajaran “values” atau nilai-nilai penting dan baik dalam kehidupan yang sepatutnya ditanamkan oleh pelatih. Hal ini ditekankan juga pada buku manual berikutnya, yaitu buku level 2.

Buku ini berciri khas warna biru di bagian sampul dan isi. Berjumlah 394 halaman, buku ini ditujukan untuk pelatihan anak usia sekolah menengah, namun tutorial latihan-latihan yang tersedia juga perlu untuk dilatihkan pada level berikutnya. Terutama jika kita menilai ada perbaikan dan pengembangak detail yang diperlukan sesuai hasil penilaian terhadap perkembangan anak-anak didik kita.

Pada dasarnya buku level 1, 2 dan 3, mengulang-ulang materi latihan fundamental bola basket dengan beberapa pendalaman serta peningkatan kualitas skill secara berjenjang pada level berikutnya.  Pada buku ini, pelatih diarahkan untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar anak.

Bukan hanya semata teknis gerak, beberapa nilai penting untuk skill mental ikut dikembangkan pada latihan level 1. Untuk rekan-rekan pelatih, buku ini bagus sekali. Sudah disiapkan secara cermat oleh para  pelatih dan sejumlah ahli yang kompeten. materinya sangat lengkap dan padat. Pada saat kita akan menerapkannya, kita perlu memilih menu dan materi mana yang akan kita latihkan sesuai prioritas program pelatihan kita.

Buku level 2 ditandai dengan warna merah, berisi 368 halaman. sangat lengkap menguraikan tahap-tahap latihan lanjutan dari buku level Minibasket dan level 1 secara rinci dan berkesinambungan. Seperti halnya buku terdahulu, buku ini memberikan petunjuk lengkap untuk latihan fisik, teknik, taktik dan mental.

Materi yang disajikan sangat lengkap dan kemungkinan besar tidak seluruhnya dapat kita masukkan ke dalam sebuah program latihan jika periode program kita hanya beberapa bulan atau setahun saja. Kita harus memilih sesuai keperluan dan tujuan latihan.

Memang pada dasarnya FIBA menyediakan materi latihan secara komprehensif, namun juga menyediakan alternatif-alternatif sesuai perkembangan kemampuan dasar anak-anak kita.

Beberapa bagian dari buku level 2 mungkin dapat memberikan gambaran tentang outline buku ini.

Buku level 2 secara sistematis, terstruktur dan terukur sudah menyiapkan peningkatan jenjang belajar dan berlatih pada level berikutnya yaitu level 2 seperti terurai berikut ini.

Mungkin lebih baik jika kita bisa membaca dulu keseluruhan buku mulai level Minibasket, level 1, level 2 dan 3 agar kita tahu dulu konsep keseluruhannya.

Buku keempat yaitu manual pelatih level 3, berjumlah 280 halaman dengan ciri khas dominan warna hijau. Penekanan utama diarahkan pada kerjasama tim. Tactical skill yang berdasar pada individual technical skill dari masing-masing pemain yang diperoleh pada level latihan sebelumnya.

Buku level 3 ini dipenuhi berbagai skema taktis, yang akan jauh lebih mudah dipelajari jika disertai menonton video penjelasannya. Semua video tutorial pelengkap buku ini ada pada link youtube channel COACH MOSES. Silakan klik link aktif untuk membukanya.

Jika proses pelatihan kita pada level 1 dan 2 belum detail dan matang, penerapan materi latihan 3 ini mungkin agak terkendala, kalau pun dipaksakan sulit diharapkan untuk memenuhi standar kualitas permainan yang memadai.

Buku level 3 ini, sepertinya jika periode, durasi dan intensitas pelatihan sebelumnya memadai mungkin cocok untuk level mahasiswa perguruan tinggi. Namun jika anak-anak kita memang sudah mapan, ada beberapa pelajaran yang mungkin saja dapat kita terapkan untuk level sekolah menengah yang sudah advanced.

Ke 4 buku ini dapat diunduh dengan mengklik link aktif berikut ini:

  1. Mini-basketball.
  2. Level 1 3301_FIBA-WABC-Coaching-Manual-Level-1-updated-2018.
  3. Level 2.
  4. Level 3.

Baiklah rekan-rekan pelatih terkasih, semoga posting kali ini bermanfaat. Selamat melatih dan melayani. Semoga sehat sukses selalu.

 

Moses,

Banjarmasin, Juni 2020.

Author: Lukisan Moses

Love to paint, woodworking, song writing resin work and basketball coaching.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s