LBP, Pelatihan Basket Virtual Gratis

Apakah hasil terpenting, terbaik dan paling berharga dari kegiatan berbolabasket? Apakah trofi? hadiah uang? nama besar? popularitas? Bukan, itu semua hanya hasil ikutan. Menurut kami, bersama teman-teman alumni Pelatih DBL Camp 2017, sepakat bahwa hasil terbaiknya adalah silaturahmi yang baik, sehat dan rukun sepanjang hayat. Baik silaturahmi dengan anak didik, sejak dilatih hingga mereka tumbuh besar, dewasa sampai tua. Silaturahmi dengan sesama pelatih, wasit, pengurus klub, sekolah atau organisasi yang memayungi komunitas kita, Perbasi.

Dalam menjaga silaturahmi itulah kami kerap berdiskusi. Terutama di masa pendemi ini. Sesaat setelah mengikuti berbagai webinar, kami juga mengadakan diskusi-diskusi dan saling lempar ide, salah satu ide itu adalah membuka sekolah basket. Lha bagaimana caranya? Situasi masih seperti ini, modal tidak punya untuk bangun lapangan, dll. Jangankan bangun lapangan buat beli bola saja harus nabung dulu, apalagi kerjaan melatih lagi sepi begini, ha ha ha… akhirnya diskusi kami hanya bisa diakhiri dengan tertawa bareng dan saling menghibur sambil berharap perbolabasketan segera rame kembali. 

Apakah para coaches yang selalu mengajarkan agar anak-anaknya tangguh dan pantang menyerah kemudian semudah itu berpasrah diri? Tidak. Masing-masing kami tetap punya impian besar untuk membangun sekolah basket, dan embrio untuk memulainya adalah Program Latihan Basket Privat atau disingkat LBP.

LATIHAN BASKET PRIVAT (INDIVIDUAL)

Latihan Basket Privat (LBP) adalah sebuah kegiatan yang diinisisasi oleh kelompok Alumni Pelatih DBL Camp 2017 bersama LATIHANBASKET.COM sebagai sebuah upaya untuk memajukan bola basket di Indonesia dengan memaksimalkan peran para pelatih dari seluruh Indonesia untuk memberikan latihan individual secara intensif pada ruang yang berbeda namun serasi serta saling mendukung dengan kegiatan-kegiatan pelatihan di klub dan atau lembaga lainnya.

Kover kolase 2 LBP Panah PENGANTAR ed c

Silakan klik gambar di atas untuk mendengar penjelasan pengantar mengenai program LBP.

Program ini dimaksudkan untuk memberikan sebuah standar untuk kegiatan pelatihan secara privat secara terstruktur, sistematis dan terukur, sesuai dengan kaidah-kaidah proses latihan olahraga serta menerapkan prinsip-prinsip belajar-mengajar yang bisa dipertanggungjawabkan.

LBP pada tahap awal bergerak secara online dan memberikan bimbingan virtual kepada para peserta latihan. Kegiatan online gratis dan tidak berbayar, namun jika peserta latihan menginginkan kegiatan pelatihan secara langsung (offline) maka peserta latihan/ pemain yang bersangkutan membayar langsung kepada pelatihnya masing-masing.  Para pelatih program LBP adalah pelatih-pelatih yang bekerjasama dengan LATIHANBASKET.COM dan memiliki sejumlah materi yang disediakan untuk program LBP. (Coaches lainnya, ayo bergabung. Caranya mudah sekali kok, kontak saja admin ya).

LBP menyediakan kurikulum baku yang sesuai dengan standar pelatihan bola basket internasional yang disediakan oleh FIBA yang kemudian diaplikasikan oleh para pelatih yang bergabung bersama LBP.

Semua peserta/ pemain yang telah mengikuti program LBP akan mendapatkan sertifikat, lengkap dengan raport hasil penilaian yang diberikan oleh masing-masing pelatihnya dalam program LBP.

Para pelatih yang tergabung ke dalam LBP hanya para pelatih yang pernah mendapatkan lisensi pelatih dari Perbasi baik pada level A, B atau C. Semua pelatih LBP akan diperkenalkan pada akun resmi LATIHANBASKET.COM  dan channel youtube yang terkait. Kami akan membuatkan profil perkenalan untuk setiap pelatih yang tergabung dalam program LBP.

Para pelatih yang tergabung dalam program LBP mendapatkan kartu anggota dan menerapkan standar LBP sebagai standar minimal, boleh menambahkan atau membuat penyesuaian sesuai kebutuhan pelatihan secara langsung/ offline.

Para pelatih tersebut akan mendapatkan seluruh materi pelatihan secara gratis dan boleh membagikannya kepada para murid/ pemain yang tergabung dalam program LBP dalam kaitannya dengan pelaksanaan program latihan secara langsung.

Setelah peserta berhasil menjalankan program latihan sesuai standar program LBP, kami akan mengirimkan sertifikat kelulusan sesuai dengan rekomendari nilai yang diberikan oleh para pelatihnya.

Para pelatih dan peserta wajib mengirimkan sekurangnya 2 (dua) rekaman video latihan untuk setiap tahap, yang secara jelas memperlihatkan proses latihan, lengkap dengan penjelasan yang disampaikan oleh pelatih dan bisa ditambahkan dengan penjelasan atau tanggapan dari peserta yang bersangkutan. Video tersebut akan dipublikasikan pada blog LATIHANBASKET.COM dan channel youtube Coach Moses atas ijin dari pemilik video dan pelatih/ atau peserta latihan yang ada pada video rekaman latihan tersebut.

Secara garis besar, kisi-kisi program LBP adalah sebagai berikut:

  1. Stance dan Visi
  2. Steps
  3. Slide
  4. Pivot dan Penguatan Footwork
  5. Ball Handling
  6. Dasar Dribel
  7. Get Open dan Stop
  8. Dasar Triple Threats
  9. Passing dan Variasinya
  10. Dribel Lanjutan dan Variasinya
  11. Rebounding
  12. Gerak Defense
  13. Drive
  14. Shooting
  15. Center dan Post
  16. Aplikasi Skill dan Membuat Keputusan

Semua materi latihan sesuai menu pada program LBP telah disusun sedemikan rupa sehingga fleksibel dan bisa disesuaikan dengan situasi pada masing-masing pelatihan langsung. Setiap materi dilengkapi dengan video tutorial yang bisa digunakan baik oleh pelatih atau pemain sehingga bisa memudahkan proses dan memungkinkan pengayaan latihan dengan latihan visualisasi/ imagery training yang sangat berguna untuk proses belajar mengajar.

Kover kolase 2 LBP Panah MENU LATIHAN ed c

Silakan klik gambar di atas untuk mendengar penjelasan umum mengenai menu latihan pada program LBP.

Sebelum program LBP secara langsung/ offline dimulai, pelatih dan peserta akan membahas secara bersama tentang materi apa saja yang dipilih oleh peserta latihan, goal setting, jadual latihan, intensitas latihan dan sebagainya, sesuai dengan form checklist yang kami sediakan untuk mempermudah proses.

Setelah peserta latihan dan pelatih sepakat, perlu diadakan terlebih dahulu assesment dan observasi yang dilakukan bersama untuk mengukur kondisi fisik awal dan skill level peserta program LBP, dan pada akhir program kembali dilakukan assesment untuk mengukur progress hasil program latihan. Instrumen assesment dan prosedur observasi kami sediakan dengan tetap memberikan ruang untuk penilain secara pribadi oleh masing-masing pelatih terhadap peserta latihannya.

Pada pelaksanaannya, program LBP dilaksanakan secara terrencana dengan menerapkan prinsip-prinsip latihan dan disesuaikan dengan tingkatan status fisik, kondisi peserta latihan, umur, tingkat kecakapan dan kebutuhan latihan yang diperlukan untuk meningkatkan performa setiap peserta yang mengikuti program LBP.

Untuk mencapai peningkatan performa tersebut, program LBP secara proporsional akan mengolah 4 (empat) komponen prestasi yaitu:

  1. Fisik, diberikan latihan sesuai kebutuhan sehingga bisa meningkatkan kapasitas fisik agar kegiatan latihan teknik bisa maksimal. Bagaimana ukuran beban, jenis dan intensitas latihan akan ditentukan oleh penilaian awal yang dilakukan secara bersama oleh peserta dengan pelatihnya.
  2. Teknik, diberikan latihan teknik secara mendetail sehingga peserta latihan bisa memperbaiki teknik yang sudah dimiliki dan mendapatkan teknik baru untuk meningkatkan skill.  Dengan pemahaman dasar bahwa skill adalah kemampuan pemain untuk menerapkan teknik-teknik permainan bola basket secara presisi (tentang waktu atau timing), secara akurat (tentang ketepatan unsur gerakan) dan secara adjustable pada saat eksekusinya, akan ditingkatkan dengan prinsip adaptasi sehingga tercapai otomatisasi gerak teknikal  lewat repetisi latihan gerak yang memadai.
  3. Taktik, latihan taktik adalah latihan untuk sebuah tim, namun secara individual diperlukan kemampuan-kemampuan agar bisa menerapkan taktik dengan lebih baik. Hal ini disebut dengan individual tactical skill sehingga pemain lebih mampu menerapkan taktik regu.
  4. Mental, latihan untuk memantapkan mental skill akan diberikan sejak awal program. Dimulai dengan goal setting yang melibatkan peserta secara langsung. Dengan menetapkan goal setting bersama si pemain/ peserta latihan mengetahui secara persis tujuan apa yang akan dicapai. Selain itu juga diberikan pelatihan mental baik dengan imagery training hingga, peningkatan rasa percaya diri dan pembelajaran berpengalaman (experential learning) hingga latihan self talk. Sebelum program dimulai, juga diberikan pengantar tentang edukasi program dan beberapa pengetahuan yang perlu diketahui para pemain agar memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mengembangkan performanya.

Pada masing-masing latihan sesuai menu program LBP akan diberikan uraian sehingga pemain, pelatih dan pihak terkait bisa mendapat informasi lebih detail mengenai “why” dan “how to” yang diterapkan pada program latihan.

LBP adalah program latihan privat intensif untuk pengembangan secara individual, namun kami juga membuka kerjasama seluas-luasnya untuk pengembangan performa atlet secara klasikal dengan sentuhan yang privat dan individual untuk sebuah tim sekolah/ daerah/ klub atau lembaga lainnya.

Kalau dilihat secara skematik, begini kira-kira alur kerja Program LBP.

Skema LBP

Pada dasarnya program LBP adalah pelayanan yang diberikan oleh LATIHANBASKET.COM atas dukungan teman-teman alumni Pelatih DBL Camp 2017 bagi semua pelatih, agar bisa memberikan latihan basket privat yang sepengetahuan kami sangat berarti nilainya bagi nafkah para pelatih (terutama para full timer coach yang kita tahu bagaimana beratnya perjuangan para pelatih yang baru mulai merangkak), dan peluang untuk mengembangkannya (bagi yang bermimpi besar dan sepertinya mimpi semua pelatih dah) untuk membangun sekolah basket-nya. Kami sangat mendorong agar tercipta sebanyak-banyaknya sekolah basket di Indonesia raya ini.

Tentang kata “sertifikasi” yang tertulis di skema, jangan diartikan muluk-muluk ya, yang dimaksud di sini hanya mencetak sertifikat tanda kelulusan latihan oleh si peserta (anak mana sih yang tidak girang jika setelah menyelesaikan latihannya lantas mendapat piagam?). Itu saja. Bukan makna sertifikasi untuk mencetak pelatih yang “certified” sesuai standar tertentu karena LATIHANBASKET.COM tidak punya kompetensi untuk itu.

Jika pada skema tertulis kurikulum, kami memberanikan diri menyebutnya demikian meski masih jauh dari sempurna, namun pada hemat kami, dimulai saja dulu dengan menjiplak standar dari FIBA, nanti dimatangkan oleh proses.  Mudahan juga akan terbantu oleh PP Perbasi yang saat ini sedang menyusun kurikulum latihan basket.

Penjelasan singkat mengenai bagaimana program LBP ini dijalankan, bisa melihat dengan meng-klik link ini:

01. Latihan Basket Privat Online Gratis (Pengantar)

02. Menu Program Latihan Basket Privat

 

 

 

 

 

Author: Lukisan Moses

Love to paint, woodworking, song writing resin work and basketball coaching.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s