Buku “Seni” Basket yang Indah

Ulas Buku FIBA Coaching & Officiating

Kesimpulan bahwa basket itu juga sebuah media seni, sulit dihindari ketika dan sesudah membaca buku istimewa keluaran FIBA ini. Bukunya sendiri merupakan sebuah karya seni yang indah. Bagaimana halaman ditata, ratusan foto yang detail, berekspresi kuat, serta ratusan diagram yang dibuat dengan apik. Buku ini sebuah karya serius yang memakan ribuan jam kerja para ahli. Setiap lembaran dari 953 halaman buku ini memiliki keunikan masing-masing. Buku ini memiliki keunikan, yaitu gaya papar seperti karya ilmiah namun gaya saji seperti majalah olahraga populer. Tak kalah menghibur dibanding  satu-satunya majalah basket yang kita punya, Main Basket (Thank God! kita punya juga…)

Itu baru bukunya, isinya bakal lebih menggugah. Mau tak mau kita akan berdecak kagum membaca ratusan artikel sebagai hasil karya para pelatih yang mencurahkan tak terhitung tenaga, waktu, pikiran dan pencurahan energi serta sumberdaya pada setiap artikel yang berasal dari seluruh dunia.  Sangat berwarna-warni, dinamis dan artistik seperti karya lukisan abstrak yang esensinya sangat realistis. Lihat saja ulasan tentang bagaimana permainan transisi dibentuk, membangun pertahanan man to man, bagaimana di Australia para pengurus basketnya mengajak semua kalangan menjadi partisipan aktif, bagaimana basket di Iran, dan lain sebagainya.

Ketika melihat deretan grafis yang menerangkan skema permainan, kita melihat bagaimana seorang pelatih tak ubahnya seorang koreografer tari, melatih anak-anaknya menjadi bagian dari sebuah karya tari kolosal yang surealis namun penuh emosi karena sekaligus tarian itu mengadu dua tim secara kompetitif. Tarian yang sangat dinamis karena selalu mengandung spontanitas, berubah-ubah setiap kali ditampilkan dan sulit diduga hasil akhirnya. Ya, gerakan para pebasket itu sendiri, semakin mapan level permainannya semakin ritmik permainannya. Bahkan pola gerak ritmik ini juga telah menjadi salah satu unsur dalam latihan fisik atlet.

Buku ini saya dapatkan dari sebuah sumber open source di website basket Eropa, dan pada posting ini saya hanya memperpanjang alur berbagi saja. Ini link untuk mengunduh bukunya.

Klik saja bagian teks yang di-highlight ini untuk mengunduh @ 00 FIBA WABC coaching and officiating

Ayo, teman-teman pelatih, unduh buku ini. Simpan di laptop, tablet atau HP mu. Baca, perlihatkan pada anak-anak kita. Petik sari ilmunya, kunyah lalu sajikan untuk anak didik kita.

Buat anak-anak basket, ayo unduh. Baca lalu ceritakan pada pelatih kalian. Petik mana yang berguna untuk pengembangan dirimu sendiri dan bagian mana untuk pengembangan tim kalian. Bicarakan pada teman-teman, usulkan hal-hal yangbaik dan cocok pada pelatihmu. Jangan takut-takut, semua pelatih juga tahu dan jaman sekarang pemain sudah ditempatkan sebagai partisipan aktif, bukan sekedar objek dalam proses pelatihan. Kalian sudah dilibatkan dalam penetapan goal-goal tim, goal setting yang juga untuk pemantap pengembangan diri kalian. Ini sesuatu yang jauh berbeda jika dibanding jaman saya berlatih sekitar beberapa dekade lalu.

Berikut ini sejumlah kutipan foto halaman yang mungkin bisa memberikan kalian bayangan sehingga mengerti kenapa saya memberikan kredit dan apresiasi tinggi untuk buku ini, para editor, fotografer, penulis, desainer grafis, serta para pelatih yang membuat tulisan-tulisannya.

Semoga bermanfaat buat teman-teman pelatih ya.

Anak-anak basket yang saya sayangi, lihat tuh cuplikan isi bukunya, keren kan. Ayo unduh, simpan, baca-baca, pelajari lalu berbagi dengan teman-teman dan pelatihmu.

Banjarmasin, 16 Mey 2010

Moses.

 

 

 

 

 

 

Author: Lukisan Moses

Love to paint, woodworking, song writing resin work and basketball coaching.

2 thoughts on “Buku “Seni” Basket yang Indah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s