Drill Kerjasama Berdua, Penerapannya pada Latihan

Salam jumpa lagi abas2 & coaches, semoga sehat sejahtera semuanya.

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000351051

Lihat gambar di atas? Ya, itu caption dari sebuah video skema gerakan drill. Nah, skema itulah yang akan kita bahas penerapannya pada latihan yang sesungguhnya.

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000000133

Kali ini kita akan membahas terapan pada latihan untuk:

Pertama,   “DRILL KERJASAMA BERDUA (Terapan pada Latihan)”  yang ada di channel youtube Coach Moses (silakan klik pada link untuk membukanya).

Kedua, Latihan itu menerapkan sebuah skema drill, yaitu skema “DRILL KERJASAMA BERDUA” yang terdapat pada playlist “SKEMA DRILL LATIHAN BASKET”.

Penerapannya pada latihan sangat mudah. Tinggal ikuti saja:

  1. Skema gerakan drill.
  2. Detail gerakan pemain.

Skema gerakan bisa dilihat pada video pertama (silakan klik pada link yang di-highlight) sedangkan detail gerakan bisa dilihat pada video berikut ini:

  1. Latihan 008. Drill Offense Post Moves
  2. 020. Latihan on ball screens 2 lawan 2
  3. 016. Latihan Gerakan Low Post “Inside Pivot” Menghadap Basket
  4. 015. Latihan Gerakan Low Post “Drop Step”

Atau bisa ditambahkan gerakan lain yang ingin dilatihkan pada drill tersebut. Ada baiknya video-video latihan berdurasi singkat yang telah disediakan oleh FIBA dan WABC ini diunduh dulu lalu dibagikan kepada anak-anak beberapa hari sebelum latihan dimulai.

Dengan demikian, kita sudah menerapkan yang namanya mental training, latihan imagery, ketika anak-anak mulai mempelajari gerakan lewat video dan membayangkan dirinya sedang melakukan gerakan tersebut di lapangan. ( Ini sebuah referensi bagus tentang mental imagery. Silakan klik untuk membacanya Mental imagery,  Sebuah penelitian oleh Gilang Chairullah, seorang mahasiswa jurusan Keolahragaan di Univ. Tanjungpura Kalimantan Barat. Pada hasil penelitiannya yang berjudul “PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP SHOOTING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER SMAN 7 PONTIANAK”). Percaya saja, latihan akan lebih mudah ketika kita melakukan juga latihan imagery.

Yang perlu dicatat ketika kita melakukan latihan drill ini yaitu sebagai berikut:

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000014547

1. Lakukan breakdown. Latihan dimulai dulu dengan gerakan 2v0, atau 2 pemain melakukan gerakan offensive berdua tanpa defender dulu, sampaiu mereka lancar melakukannya sesuai prosedur.

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000030063

2. Setelah anak-anak mulai lancar melakukan gerakan, terapkan latihan 2v2. Tugaskan 2 pemain lain menjadi defender.

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000069035
 

3. Supaya anak-anak mendapatkan repetisi lebih banyak, lakukan latihan di kedua sisi ring. Berikan latihan ini sekitar 5 kali atau sekitar 2 minggu, sehingga anak-anak benar-benar mampu melakukan detail gerakan dengan benar.

 

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000103036
 

4. Setelah 2 minggu latihan atau sekitar 5 sesi pertemuan, biasanya anak-anak sudah mahir. Berikutnya tambahkan detail gerakan, baik itu drop step, seal, fakes, atau gerakan lain yang dipandang perlu. Materinya bisa dilihat di playlist  “LATIHAN BASKET LEVEL 1”

 

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000106039
 

5. Untuk para pemain yang akan dilatih khsus untuk bermain post, bedakan latihan gerakan mereka. Bisa misalnya diberikan teknik gerakan low post moves.

 

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000217050
 

6. Setelah cukup lancar melakukan drill di posisi low post, pindahkan posisi latihan pada bagian high post. 

 

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000217050
 

7. Setelah anak-anak cukup lancar melakukan gerakan, berikan alternatif variasi gerakan tambahan. Bebaskan mereka untuk memilih dan memutuskan alternatif gerakan mana yang akan mereka terapkan. Pada saat ini, latihan anak-anak sudah meningkat jauh. Pada level ini mereka berlatih read & react, decision making dan itu semua memerlukan konsentrasi serta rasa percaya diri yang tinggi. Jika mereka berhasil melakukannya pada latihan mereka akan mendapatkan successful experience sehingga memiliki keyakinan tinggi, maka tidak sulit bagi mereka untuk melakukannya pada pertandingan. Pada momen seperti inilan pelatih menerapkan mental training. Kalimat-kalimat penguatan, dorongan, dan pemberi semangat akan sangat besar nilainya bagi anak-anak. 

 

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000258058
 

8. Kemampuan anak-anak dalam menerima pelajaran baru bervariasi. Jangan buru-buru menambah atau merubah menu latihan. Pastikan semua pemain mampu dulu baru berlanjut. Biar bagaimana, basket adalah permainan tim, belum selesai sebuah latihan drill jika hanya setengah tim yang mampu menerapkan sebuah konsep latihan kerjasama.

 

Drill Kerjasama Berdua (Terapan pada Latihan).mp4_000331064
 

9. Kenapa saya membuat dulu video skema gerakan dan membagikannya beberapa hari sebelum memulai latihan? Hal ini jelas mempersingkat periode latihan yang diperlukan untuk penguasaan sebuah materi latihan. Skema gerakan terlebih diperlukan tatkala latihan yang akan diberikan adalah kerjasama tim. Dan kenapa pula video2 yang disediakan FIBA dan WABC ini sebaiknya disimpan oleh pelatih? Karena dengan adanya video-video tersebut, pelatih sudah bisa menerapkan latihan imagery pada anak-anak. Sangat bermanfaat.

 

Ini saja dulu ulasan tentang beberapa video latihan yang saya sajikan baik di blog http://latihanbasket.com dan pada channel youtube Coach Moses. Semoga bermanfaat.

O ya, teman2, para abas2 dan rekan pelatih, bantu saya ya dengan memberikan umpan balik tentang apa-apa materi latihan yang diperlukan, yang kurang jelas penyampaiannya di video youtube, atau apa saja yang ingin disampaikan ke akun instagram saya @lukisanmoses. Bisa dilihat tuh beberapa display posting instagram saya di sisi kanan atas halaman ini.

Terimakasih.

Author: coachmoses444

Coaching as an artist for the love & passion to basketball Working as with all the love and passion.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s