Ulas Buku: LTAD Basket Kanada

(Catatan, buat teman-teman yang mau mengunduh buku ini, tinggal klik link yang di-highlight. Tks.)

Ada beberapa buku referensi yang sepertinya patut kita baca dan saya tertarik mengulasnya di blog ini.

@ 01 Coaching Manual (Judul yang sesuai lihat di gambar cover bukunya berikut ini)

Screenshot_20200504-095335

Buku ini setebal 253 halaman, asik sekali bacanya dan otomatis jadi berkhayal seandainya kita juga punya buku semacam ini. Buku ini lengkap mengulas semua macam latihan dan di section ketiga, gambar yang terdiri dari 15 bab, ternyata diuraikan secara detail bagaimana juga melatih mental. Latihan mentalk jadi highlight penting dalam Athlete Development Model karena menjadi sesuatu yang bertahan paling lama meski si atlet sudah tua dan tidak berkompetisi lagi. Mungkin begini juga maksudnya almarhum Kobe dengan Mamba Mentality-nya ya.

Screenshot_20200504-221724

Karena tertarik dengan topik pelatihan mental, setelah baca buku bergambar Steve Nash saya melanjutkan pencarian dan ternyata menemukan sebuah buku menarik lainnya yang berkaitan. Ini bukunya:

@ 03 mental training clinic_document_private311094_58f8ff3d6861c (1) (Kalo mau unduh tinggal klik, dari open source kok. Di sana dibagikan gratis.). Ini cover bukunya.

Screenshot_20200504-221709

Buku itu dikeluarin oleh NCCP yaitu National Coaching Certification Program. Motonya tercantum di sudut kanan atas, menggugah sekali, REACH HIGHER. Buku ini berisi materi referensi, unit yang saya temukan itu khusus membahas tentang Basic Mental Skill.

Searching berikutnya, saya temukan lagi buku ketiga, yaitu:

@ 04 LTAD Mental-Fitness_Feb2_2014_ENG_web Gambar sampulnya seperti ini:

Screenshot_20200504-100759

Daftar isinya ini:

Screenshot_20200504-100821

 

Jika teman-teman pelatih ada waktu, baik sekali membacanya. Kabarnya di Cina topik ini juga sudah diterapkan sejak tahun 80-an. Yang memulainya para pendidik di Amerika tahun 83, setelah mereka menyadari bahwa pendidikan mereka ketinggalan jauh oleh orang Jerman. Sampai sekarang buku LTAD-nya Amerika yang pernah saya baca masih menekankan Life Skill sebagai hasil utama dari berbasket di sana, sehingga muncul motto basketball for life yang dipakai oleh perbasi-nya USA.

Buku LTAD-nya USA tidak saya kupas dan ulas di sini, karena kelewat tipis dan singkat. Hanya memberikan standar normatif. Yang menarik justru punyaan Inggris dan New Zealand.

Perbasi-nya New Zealand jelas sekali memberikan porsi besar perhatiannya pada pembinaan para pelatih. Ini model yang mereka buat.

Screenshot_20200504-221208

 

Screenshot_20200504-221245

Buku tentang basket Inggris ada dua, yang pertama standar dan yang kedua unik. Pada buku pertama, yaitu buku yang gambar covernya ini:

Screenshot_20200504-221155

Ini link buku di atas: @ Coaching British

Berisi panduan kepelatihan umum dan standar, namun mereka menggarisbawahi bahwa sekolah adalah dasar pengembangan prestasi bola basket se Britania Raya. Sedikit berbeda dengan kita di Indonesia, dimana Perbasi basisnya adalah klub, mulai dari klub di Kabupaten Kota dengan Perbasi Kabupaten Kota, berlanjut terus hingga tingkat provinsi dan nasional. Sedangkan basket di sekolahan diurusi lebih diurusi oleh Dinasnya pemerintah. Sepertinya porsi kue terlezat ada di stakeholder sekolahan ini. Oleh pemerintah secara rutin ada POPDA, POPWIL dan selanjutnya. Oleh Perbasi ada kejurda sampai kejurnas, dan sebagainya. Dan yang belakangan ini (sudah 10 tahun) berhasil mengelolanya yaitu DBL.

Ketika bicara mengenai timnasnya sampai ke level olimpiade, mereka punya cara yang sedikit , saat mengupas problem dan solutions, mereka menekankan pada 2 hal untuk memajukan basket di sana, yaitu kompetisi yang ketat dan sponsorship. Khusus untuk sponsorship, mereka sampai-sampai membuat satu bab khusus tentang bagaimana caranya supaya kompetisi basket mereka diliput oleh TV. Ini buku yang saya dapatkan tentang ulasannya. Ini link bukunya: BritishBasketballGameOnStrategy 

Klik aja, nanti baca sendiri. Gambar cover dan beberapa halaman yang menarik, saya satukan dalam kolase gambar berikut ini:

Inggris

 

Sepertinya ada banyak hal yang bisa kita petik ketika membaca buku-buku itu, buat saya pribadi yang cuma melatih bocah-bocah pemula sih rasanya kejauhan, ini urusan kaum petinggi. Tapi sekedar untuk wawasan gak apalah.

Penekanan saya saat m embaca buku itu sebenarnya hanya aspek teknis melatih saja yang mana tersedia lezat sekali oleh buku Coaches Manual dan LTAD-nya Kanada.

Kebetulan keyboard saya lagi masalah nih, kita sudahi dulu ulasan buku kali ini ya. Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Author: Lukisan Moses

Love to paint, woodworking, song writing resin work and basketball coaching.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s